DISKON SPECIAL BULAN RAMADHANPAKET KREDIT RINGANTUKAR TAMBAH MOBIL LAMA SEGALA MERKPROSES CEPAT DAN MUDAH
Beranda » Toyota Madiun Tips » Toyota Madiun – Cara Mengatasi Aki Tekor dan Penyebabnya

Toyota Madiun – Cara Mengatasi Aki Tekor dan Penyebabnya

Dipublish pada 18 Desember 2021 | Dilihat sebanyak 183 kali | Kategori: Toyota Madiun Tips

www.toyotamadiun.id

http://www.toyotamadiun.id

Toyota Madiun – Seperti apa cara mengatasi aki tekor yang benar? Aki tekor adalah salah satu permasalahan kendaraan yang sangat mengganggu.

Bagaimana tidak, jika aki tekor maka mobil pun akan sulit untuk dihidupkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan mobil mati total dan tidak dapat dihidupkan kembali.

Penyebab aki mobil tekor biasanya dikarenakan mobil jarang dipanaskan dan aksesoris mobil terlalu banyak. Nah, agar masalah tidak semakin berlarut-larut, simak cara mengatasi aki tekor berikut ini.

 

Cara Mengatasi Aki Tekor

 

Toyota Madiun – Mengatasi aki tekor sebenarnya tidak perlu proses yang rumit. Peralatan yang diperlukan bahkan tidak sulit untuk disiapkan. Seperti apa caranya? Berikut penjelasannya.

​​​​​​​

1. Mengatasi aki tekor pada mobil transmisi otomatis

 

Toyota Madiun – AutoFamily pengguna mobil bertransmisi otomatis? Tidak perlu panik saat aki tekor. Untuk mengatasinya, Anda cukup menyediakan aki normal dan juga kabel khusus jumper aki. Anda bisa meminta bantuan mobil lain yang akinya dalam kondisi normal untuk proses jumper ini. Pertama-tama, pastikan kedua mobil dalam kondisi gigi P atau parkir.

Kemudian, hidupkan mobil yang akan menjadi “donor” aki. Bersamaan dengan itu, hubungkanlah kedua aki dengan kabel jumper. Ingat, pasang kabel di terminal aki sesuai dengan kutubnya. Pastikan juga seluruh piranti elektronik pada mobil yang menerima “donor” aki dalam kondisi nonaktif. Setelah itu, coba hidupkan mobil yang akinya tekor.

​​​​​Tetap hidupkan mobil dan pertahankan RPM pada angka kurang lebih 1000 selama beberapa waktu (disarankan lebih dari 15 menit). Jika mobil berhasil tetap hidup, lepaskan kabel jumper pelan-pelan.

​​​​​​​Baca juga: Toyota Madiun – 5 Keuntungan Miliki Toyota Raize GR Sport Sebelum 2022

 

2. Mengatasi aki tekor pada mobil transmisi manual

 

Toyota Madiun – Nah, bagaimana jika aki tekor terjadi pada mobil bertransmisi manual? Anda bisa tetap menerapkan cara mengatasi aki tekor menggunakan metode jumper aki. Namun, khusus untuk mobil bertransmisi manual, ada cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan dorongan. Cara alternatif ini memanfaatkan dorongan yang diterima mobil untuk bisa menghidupkan mesin.

Langkah-langkahnya pun tidak rumit. Pertama, posisikan transmisi mobil pada kondisi gigi 3 atau 4. Kedua, injak penuh pedal kopling mobil Anda. Bersamaan dengan itu, dorong mobil hingga jarak 5-10 meter.

Jika sudah mencapai jarak yang sesuai, lepas pedal kopling pelan-pelan. Apabila Anda berhasil, biarkan mobil tetap hidup selama kurang lebih 20 menit. Tujuannya adalah agar aki bisa terisi kembali.

 

Mengetahui Penyebab Aki Mobil Tekor

 

Toyota Madiun – Selain mengetahui cara mengatasi aki mobil tekor, Anda juga perlu memahami kemungkinan penyebab aki tekor agar bisa menghindarinya. Berikut beberapa di antaranya.

 

1. Mobil tidak pernah dihidupkan

 

Toyota Madiun – Mobil yang terlalu lama didiamkan akan menyebabkan arus listrik pada aki menurun. Agar tegangan listrik aki tetap normal, usahakan untuk selalu menghidupkan mobil. Jika mobil tidak digunakan, cukup panaskan mesin mobil selama beberapa menit pada pagi hari.

 

2. Menghidupkan AC saat mobil mati

 

Toyota Madiun – Kesalahan dalam penggunaan mobil pun bisa menyebabkan aki mobil tekor. Salah satunya adalah menghidupkan AC atau head unit saat mobil dalam kondisi mati. Jika dilakukan terus-menerus, hal ini bisa memperpendek umur aki.

 

3. Terlalu banyak aksesoris mobil​​​​​​​

 

Toyota Madiun – Penyebab lainnya adalah penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan. Anda mungkin ingin membuat tampilan mobil semakin oke dengan menambahkan lampu, audio atau perangkat elektronik lainnya.

Namun, perlu diketahui, semakin banyak perangkat elektronik dipasang pada mobil, maka semakin keras kerja aki. Untuk itu, pastikan perangkat elektronik pada mobil Anda tidak melampaui batas kemampuan aki.

​​​​​​​Baca Juga: Toyota Madiun – Fitur Unik All New Avanza: Ada “Sofa” di Kabin!

Sedikit catatan tambahan, cara mengatasi aki tekor di atas adalah khusus untuk kondisi darurat. Anda tidak disarankan untuk melakukannya terus-menerus. Cara terbaik untuk mengatasi aki yang tekor tentu saja dengan membawanya ke bengkel agar mendapat perbaikan.

Anda juga disarankan untuk melakukan service rutin agar kondisi aki tetap prima. Kunjungilah Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website atau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Artikel Lainnya
www.toyotamadiun.id

Toyota Madiun – 6 Ciri Mobil Boros Bensin

Dipublish pada 1 Juni 2022 | Dilihat sebanyak 160 kali | Kategori: news update

http://www.toyotamadiun.id Toyota Madiun – Umumnya setiap mobil baru dari Toyota memiliki teknologi konsumsi bahan bakar yang efisien. Namun konsumsi BBM bisa berubah menjadi boros karena AutoFamily tidak membawanya ke bengkel Auto2000 untuk servis berkala. Oleh karena itu Anda harus memberikan... selengkapnya

www.toyotamadiun.id

Toyota Madiun – Bolehkah Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil Saat Hujan?

Dipublish pada 9 Maret 2021 | Dilihat sebanyak 173 kali | Kategori: Toyota Madiun Tips

http://www.toyotamadiun.id Toyota Madiun – Ada pengguna mobil yang mengurangi tekanan angin ban pada saat hujan atau jalan licin. Alasannya, dengan begitu area telapak ban yang menapak aspal lebih besar guna mendapatkan traksi yang lebih baik. Permukaan telapak ban yang menapak... selengkapnya

www.toyotamadiun.id

Toyota Madiun – Berbagai Penyebab Ban Tubles Sering Kempes

Dipublish pada 25 Januari 2022 | Dilihat sebanyak 181 kali | Kategori: Toyota Madiun Tips

http://www.toyotamadiun.id Toyota Madiun – Apa penyebab ban tubles sering kempes? Ban tubles atau ban tubeless memang memiliki keunggulan dari ketahanan dan kekuatan jika tiba-tiba tertusuk benda tajam. Ya, ban ini tidak langsung kempes secara cepat. Namun sayangnya, ada saja masalah ban... selengkapnya

https://goo.gl/maps/oe1eupB8Qawf2Fpw7
Taufiq Sukmono
Senior Sales
×

 

Hello!

Dapatkan Promo Toyota Disini

× Hubungi Taufiq Sekarang